Pada hari Sabtu dan Minggu pada tanggal 3-4 September 2022, telah dilaksanakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa atau yang biasa disingkat LDKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Kembang Jaong Kota Tenggarong yang dihadiri oleh mahasiswa dan mahasiswi baru progam studi sarjana farmasi serta diploma III farmasi di tahun ini. Namun ada beberapa mahasiswa tahun sebelumnya yang mengikuti kegiatan ini dikarenakan tahun sebelumnya tidak mengikutinya.

Pada hari pertama, para peserta dihimbau untuk berkumpul dikampus pada pukul 11.00 WITA, yang mana mereka juga sudah diberi informasi mengenai perlengkapan apa saja yang harus dibawa ke lokasi LDKM. Setelah berkumpul dikampus, para peserta akan dibimbing dan diberikan arahan oleh Bindamnya masing-masing. Dan Tim KSR sebagai tim kesehatan bertanya bahwa siapa saja yang biasa mabuk dalam perjalanan, jika ada maka timnya akan memberikan obat untuk mengatasi hal tersebut. Lalu sebelum melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah, Bapak Supomo selaku ketua kampus memberikan sambutan serta pesan-pesan kepada seluruh peserta termasuk panitia, yang mana hal ini sebagai tanda bahwa kegiatan LDKM resmi dilaksanakan. Sesudah melaksanakan sholat Dzuhur, mahasiswa segera diarahkan untuk bersiap-siap dan berbaris rapi untuk mengantri masuk kedalam kendaraan yang akan mengantar mereka ke lokasi. Kendaraan yang dipakai yaitu mobil travel sebanyak 30 unit.

Setelah kurang lebih satu jam setengah perjalanan, akhirnya para peserta sampai di lokasi dan langsung disambut oleh panitia yang sudah stay disana. Karena kebetulan waktu itu cuaca kurang mendukung, jadi para peserta segera diarahkan menuju aula untuk beristirahat. Setelah beristirahat sejenak panitia pun segera mengarahkan peserta untuk merapikan posisi duduk dan menyiapkan alat tulis mereka untuk mencatat materi yang sebentar lagi akan dimulai. Materi disampaikan oleh Bapak Sukoco selaku perwakilan dari TNI. Setelah satu jam materi, peserta dipersilahkan untuk isitirahat sejenak dan mengganti pakaian mereka untuk persiapan sholat Maghrib-Isya dan acara nanti malam.

Sesudah melakasanakan sholat maghrib, para peserta diberikan waktu untuk makan malam sampai waktu isya’. Makanan telah disediakan oleh panitia dan siap dibagikan. Peserta dan panitia pun makan bersama. Selanjutnya sholat isya’ dan setelahnya peserta diarahakan menuju lapangan untuk melaksanakan kegiatan api unggun dan inagurasi. Kegiatan api unggun dan inagurasi ini berjalan dengan baik dan asyik. Yang mana setiap kelompok akan menampilkan bakat dari kelompok mereka pada saat itu, entah individu maupun kelompok. Inagurasi dimulai dengan ceramah agama yang disampaikan oleh perwakilan dari kelompok satu dan diakhiri dengan penampilan spesial dari panitia yakni nyanyi bersama. Setelah selesai, peserta dipersilahkan ke tenda mereka masing-masng yang telah disisapkan sebelumnya dan segera untuk tidur.

Pada hari berikutnya, peserta dibangunkan pada pukul 04.00 untuk persiapan kegiatan selanjutnya. Setelahnya peserta yang beragama islam dipersilahkan untuk sholat subuh dna bagi yang non serta berhalangan, diarahkan untuk mengganti pakaian dan cuci muka serta sikat gigi, yang nantinya akan dilakukan secara bergantian. Setelah selesai peserta diarahakan ke lapangan untuk melakukan senam pagi secara bersama. Lalu setelah senam, para peserta diarahkan menjuju ke aula untuk sarapan pagi.

Setelah sarapan, peserta diberi waktu kurang lebih 30 menit untuk istirahat sejenak, lalu setelahnya peserta diarahkan menujunke post selamat datang yang berada di halaman depan kembang jaong. Peserta berbaris rapi, kemudia panitia yang bertugas disana memeriksa kelengkapan atribut peserta. Setelah itu, satu per-satu kelompok akan maju ke post selanjutnya, yakni post satu untuk melakukan games disana. Sembari mengantri, kelompok yang masih berada di post selamat datang digring untuk menyanyikan lagu yang sebelumnya sudah disuruh untuk dihapalkan.

Pada pos 1 peserta diminta untuk menjahit lambang pada slayer yang mereka miliki selama 15 menit, jadi pada post ini mahsiswa diminta untuk berfikir ktitis dan kreatif bagaimana caranya menempelkan lambang pada slayer mereka dengan menggunakan benang dan jarum. POS 1 adalah pos Menjahit yang bertujuan untuk mengasah ketelitian,keterampilan dan kreatifitas mereka. Jika mereka berhasil melaksanakan tugas yang diberikan maka akan diberikan clue “AKU BERWARNA MERAH” dan jika gagal maka mereka akan diberi hukuman yaitu meminum jamu dan tidak diberikan clue. Lalu setelah selesai mereka diminta untuk melanjutkan ke pos berikutnya sambil menyanyikan yang diperintahkan.

Pada Pos 2 bertemakan “Logika”. Peserta diberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan tepat, peserta bisa mendapatkan clue jika berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan panitia. Pada pos ini, clue yang akan diberikan adalah “SAYA BERBIJI”. Peserta tidak harus menjawab dengan benar semua pertanyaan yang diberikan untuk bisa mendapatkan clue dari pos ini. Ada 4 pertanyaan yang diberikan, setiap pertanyaan mengharuskan peserta berdiskusi terlebih dahulu karena beberapa pertanyaan terlihat mudah untuk dijawab dan dapat mengecoh peserta. Jika tidak ada jawaban yang benar, peserta diberi hukuman yaitu meminum jamu, dan tidak diberikan clue.

Pada post tiga dilakukan game sambung kata, yang dimana dipos tiga ini panitia akan memberi satu kata dan dilanjutkan oleh para peserta hingga ke anggota terakhir. Jika bisa menyambung kata tersebut dengan benar maka panitia akan memberikan clue untuk mengetahui misteri dipost terakhir, cluenya adalah “RASA ASAM DAN MANIS”. Di post ini juga para peserta harus meminum jamu yang dibagikan secara merata satu tim, lalu para panitia juga menanyakan perihal yel-yel kelompok dari masing-masing tim serta nama anggota kelompok dengan jelas dan lengkap. Selanjutnya para peserta melanjutkan perjalanan menuju ke post empat, disini mereka disuruh untuk menggunakan alat permainan tradisional bakiak selama perjalanan menuju post empat.

Post selanjutnya adalah post spesial yang diisi oleh para dosen. Disini peserta di uji mengenai hapalan lagunya, dan diberi beberapa games yang tak menentu, seperti misalnya peserta disuruh untuk berbaring telungkup di lapangan rumput, lalu diberi arahan untuk bergerak seolah-olah sedang berenang di air. Setelah selesai di post ini, barulah peserta diarahkan menuju ke post empat.

Pada post empat games yang disiapkan memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa kompak dan solidnya serta kerjasama para peserta dalam kelompoknya. Peserta akan bermain asyik disini karena games yang disediakan adalah melewati wahana permainan yang ada. Wahan yang akan dilewati diantaranya jembatan gantung, panjat dinding, masuk kedalam lorong dan kapal layar. Jadi disini peserta disuruh untuk membagi pada setiap wahana sebnayak 2orang, dan untuk kapal layar itu sisa dari anggota selain dari wahana sebelumnya. Walaupun terlihat sangat mudah, panitia tetap membrikan tantangan, jadi tantangannya adalah peserta yang melewati wahana akan membawa ranting, dan akan di oper ke peserta di wahana selanjutnya tentunya dengan syarat ketika melewati wahana ranting tersebut tidak boleh terjatuh dan patah. Jika hal tersebut terjadi maka akan diulang dari wahana tempat ranting itu jatuh atau patah. Untuk wahana yang terakhir, peserta disuruh unuk bernyanyi di atas kapal layar. Waktu yang diberikan adalah selama 5 menit untuk melewati semua wahana tersebut, dan syukurnya semua peserta dapat melewati wahana tidak lebih dari 5 menit. Tak sampai disitu, masih ada satu game santai lagi di post 4, nama gamesnya adalah cermin. Games ini seolah mereka bergerak seperti bayangan yang dipantulkan cermin yang berlawanan arah dan ini dilakukan dengan mata ditutupi oleh slayer yang mereka gunakan. Jadi jika disuruh bergerak ke kiri, maka mereka akan bergerak ke kanan. Jika para peserta berhasil menyelesaikan games dengan baik, kompak dan kerjasamanya bagus, maka akan diberi clue “AKU BERAIR, DAN ITU MERUPAKAN CIRI KHAS KU”.

Dan yang terakhir post 5, yang mana sebelum menuju ke post ini peserta disuruh untuk berjalan dengan menutup mata mereka dan hanya pemimpinnya saja yang tidak menutup mata, jadi fokus untuk mengarahkan dan menuntun anggotanya agar sampai ke post lima dengan baik. Sesampainya di post lima, pes.erta dipersilahkan untuk membuka penutup matanya dan menaruh barang bawaan mereka sebelum bermain di games selanjutnya. Dan untuk games terakhir ini tak kalah serunya dengan games pada post-post sebelumnya, karena games kali ini peserta akan melewati rintangan yang ada di dalam sebuah kolam lumpur. Syarat agar mereka dianggap lolos adalah tidak boleh menyentuh pembatas ketika melewatinya apalagi sampai menyenggol dan terlepas. Setelahnya, peserta dipersilahkan duduk, masih pada bagian kolam lumpur, namun tidak airnya dan kemudian disuruh untuk menyatukan semua clue yang mereka dapatkan pada setiap post sebelumnya, kemudian berdiskusi untuk menebak apa misteri yang harus dipecahkan. Jawaban yang benar adalah “JAMBU AIR”.

Setelah selesai di post 5, para peserta dipersilahkan untuk mandi dan menyimpuni barang umtuk pulang. Setelah semua pesrta selesai, mereka dipersilahkan untuk sholat dzuhur terebih dahulu baru kemudian makan siang bersama. Lalu setelah makan siang dan istirahat selama 15 menit, peserta dihimbau untuk mengambil barang bawaan mereka di tenda dan kemudia kembalik lagi ke aula untuk persiapan pulang. Setlah semua peserta sudah di aula, panitia memberikan pengumuman dari acara LDKM ini. Pengumuman yang disampaikan antara lain, Penampilan Inagurasi terbaik (yang dimenangkan oleh Kelompok Pink, kemudian Hijau Muda dan Hitam), Kelompok terbaik (Kelompok merah), King and Queen of LDKM (Pangeran dan Putri Kelompok Hitam), dan Bindam terbaik (Putra : Yudha, dan Putri : Fresca). Setelah pengumuman disebutkan, para peserta diarahkan untuk menuju mobil yang sudah disediakan dan maju perkelompk secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...