Samarinda, 3 Juli 2022, Pemilu Raya Mahasiswa Stiksam yang dilaksanakan pada pukul 09.00 WITA hingga pukul 12.10 telah dihadiri oleh kurang lebih 500 hadirin yang sebagian besar merupakan segenap Civitas Kampus Stiksam. Pemilu Raya Mahasiswa STIKSAM merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa STIKSAM (KPUM).

Acara yang diadakan dengan tema “Membangun Kepemimpinan yang Berjiwa Kritis dalam Mewujudkan Visi dan Misi yang Berintegritas” ini merupakan suatu kegiatan pemilihan terbuka yang diadakan dengan tujuan agar segenap mahasiswa/i STIKSAM dapat melihat serta mengetahui seberapa besar potensi pasangan-pasangan calon yang telah mencalonkan diri untuk menjabat sebagai Ketua & Wakil Ketua DPM, BEM, HMP S1 & HMP D3 pada periode 2022/2023.

Acara ini terbagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama adalah orasi untuk pasangan calon Ketua & Wakil Ketua DPM dengan Nomor Urut 1 yaitu Salsabil Dea Safitri & Dila Ramadani Safitri, untuk nomor urut 2 yaitu Aljazali Gede Saptoaji & Muhammad Khaiqal Arya Dinata. Dibagian kedua adalah orasi untuk pasangan calon Presiden & Wakil Presiden BEM dengan nomor urut 1 yaitu Febrianto & Mei Lika Syaroh dan dinomor urut 2 yaitu Ramita Merti Hana & Made Diah Ayu Dwi Putri. Dibagian ketiga adalah orasi untuk pasangan calon Ketua & Wakil Ketua HMP S1 dengan nomor urut 1 yaitu Galang Wijanarko & Jennyta Uan dan dinomor urut 2 yaitu Angga Pratama & Giovani Adichandra Wibisono serta dibagian terakhir adalah orasi untuk pasangan calon Ketua & Wakil Ketua HMP D3 dengan nomor urut 1 yaitu Wahyu Novianti & Muhammad Isro’i dan dinomor urut 2 yaitu Lumalan Jupriyanto & Nur Adhariani Jamaliza Putri

Adapun sesi jalannya acara pada hari ini diawali dengan pemaparan visi misi dari setiap pasangan calon, kemudian dilanjutkan dengan pemberian pertanyaan langsung dari ketiga panelis yang dipandu oleh 1 orang moderator. Ketiga panelis tersebut adalah bapak apt. Achmad Kadri Ansyori M.Sc selaku Wakil Ketua III bagian kemahasiswaan, ibu apt. Rusdiati Helmidanora M.Sc selaku Ketua Program Studi S1, dan ibu apt. Hayatus Sa’adah M.Sc selaku Ketua Program Studi D3. Sedangkan moderator acara ini adalah Miranda Tri Lestari.
Setelah pemberian pertanyaan acara dilanjutkan dengan sesi debat antar setiap pasangan calon dengan topik yang telah ditentukan. Selama acara debat berlangsung, penonton sangat antusias memperhatikan masing-masing pasangan calon yang saling memberikan pertanyaan sanggahan dengan sangat sengit. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian pertanyaan dari perwakilan mahasiswa yang hadir.

Pada sesi terakhir tiap pasangan calon mempromosikan diri dengan saling mengemukakan kelebihan masing-masing dan juga tak lupa dilanjutkan dengan meneriakkan slogan serta motto promosi diri yang meyakinkan untuk dapat dipilih oleh seluruh mahasiswa. Dan hal ini tentunya disambut baik dengan adanya tepuk tangan yang meriah dari seluruh penonton.

Kemudian acara ini ditutup dengan kesimpulan dari moderator yang menyatakan harapannya bahwa siapapun yang nantinya terpilih menjadi calon ketua & wakil ketua baru dapat merealisasikan visi dan misi yang telah terbentuk dengan sangat baik serta dapat menyuarakan inovasi dan ide-ide baru yang tentunya dapat memajukan kampus maupun setiap organisasi. Seperti slogan pada acara ini yaitu “Suarakan Aspirasi Nyalakan Demokrasi”. Semoga acara ini dapat menjadi satu langkah baru dalam menyalakan demokrasi Indonesia dikampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...