Mobility Program merupakan program pertukaran mahasiswa dan dosen melalui kerja sama antara perguruan tinggi mitra yang telah bekerjasama dengan PT. Obat Inovasi. Kegiatan Mobility Program Batch I ini adalah pelaksanaan TRI DARMA antara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda (STIKSAM) dengan Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta (AFIYO) dilaksanakan mulai dari tanggal 21 -25 Maret 2022. Kampus mitra AFIYO mengutus 2 mahasiswa (Iqbal Khoiruddin Syahida & Istnaini Novi Wahyuningsih) dan 1 dosen (apt. Agustina Susilowaty, M.Farm) sebagai peserta kegiatan Tridarma di STIKSAM. PIC STIKSAM selama kegiatan adalah ibu apt. Fitri Handayani, M.Si.. Kegiatan Mobility Program dilaksanakan selama 5 hari diantaranya :

Hari pertama adalah kegiatan Welcome Ceremony yaitu menyambut mahasiswa dan dosen AFIYO sekaligus kegiatan Mobility Program terdapat sambutan sekaligus membuka acara oleh Ketua STIKSAM bapak apt. Supomo, M.Si., Pengenalan lingkungan kampus STIKSAM kepada mahasiswa AFIYO bersama WAKA III bidang kemahasiswaan dan alumni Bapak apt Achmad Kadri Ansyori, M.Si., ORMAWA perwakilan mahasiswa prodi DIII. Sharing knowledge tentang profil kampus dilakukan di ruang pertemuan STIKSAM. Kegiatan ini dihadiri seluruh dosen STIKSAM dan dosen AFIYO ibu apt. Agustina Susilowati, M.Farm.

Hari kedua, seluruh mahasiswa kampus mitra melakukan kegiatan perkuliahan via obat Apps. Narasumber yaitu Ibu apt. Dian Ratna Rianti, M.Sc merupakan dosen bidang teknologi farmasi kampus AFIYO oleh. Materi perkuliahan “Metode Pembuatan Sediaan Tablet”. Di hari kedua ini terdapat kegiatan dosen AFIYO menjadi narasumber Item Dev UKTTK. Ibu apt. Agustina Susilowaty, M.Farm. memaparkan program persiapan mahasiswa dalam menghadapi UKTTK, dilanjutkan dengan diskusi dan berbagi pengalaman dan tantangan selama proses pelaksanaan persiapan UKTTK.

Hari ketiga, mahasiswa menghadiri Kuliah pakar dilaksanakan di kampus STIKSAM secara Hybrid (Zoom dan offline di kampus STIKSAM). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa STIKSAM, perwakilan mahasiswa semester 2 dan 4 prodi DIII farmasi hadir di kampus dan sebagian lagi hadir melalui platform zoom meeting. Narasumber kuliah pakar adalah ibu apt. Agustina Susilowati, M.Farm. dengan tema “ Farmakologi Dasar”. Setelah kuliah pakar, mahasiswa dan dosen AFIYO melaksanakan kegiatan UKM bersama STIKSAM. Kegiatan Isra Mi’raj dari UKM LDK STIKSAM bersama ORMAWA dengan tema “ Refleksi dan Evaluasi Diri dalam Meningkatkan Kualitas Iman dan Takwa Kepada Allah SWT serta Menciptakan Generasi Muda yang Unggul dan Berakhlah Mulia”. dan Materi RJP ( Resusitasi Jantung Paru) bersama UKM KSR STIKSAM. Kegiatan dilaksanakan secara Hybrid (Zoom dan offline di kampus STIKSAM).

Hari keempat, kegiatan visiting lahan PKL Prodi DIII Farmasi STIKSAM di RSUD Abdul Wahab Sjahranie, RSUD Abdoel Moeis dan PT. Kimia Farma Apotek Unit Bisnis Samarinda. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiwa dan dosen AFIYO. Ibu Apt. Fitri Handayani, M.Si. merupakan Sekertaris Prodi DIII Farmasi yang telah menjembatani komunikasi dengan praktisi/tenaga kefarmasian di masing-masing lahan PKL yang dituju. Setiap lahan PKL yang dituju dilakukan penyambutan dan diskusi kemudian visiting ke setiap depo atau unit tempat mahasiswa melakukan PKL. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama. Setelah dilakukan visiting lahan PKL dilanjutkan kegiatan penelitian bersama dengan kampus AFIYO. Program penelitian bersama kampus mitra ini melibatkan ketua LPPM STIKSAM ibu apt. Reksi Sundu, M.Sc., dosen STIKSAM dan AFIYO. Kegiatan berupa diskusi metode penelitian, pembagian tugas dan target luaran.

Hari kelima, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (ABDIMAS) bersama mahasiswa dan dosen AFIYO. Kegiatan ABDIMAS dilakukan pada warga RT 6 Kelurahan Air Hitam Samarinda. ABDIMAS melibatkan perwakilan ORMAWA, dosen dan mahasiswa STIKSAM dan AFIYO yang di fasilitasi oleh LPPM STIKSAM. Tema ABDIMAS adalah Bimbingan Teknis Pembuatan Jamu Serbuk dan Handsanitizer. Kegiatan ini dilakukan bimbingan teknis dari dosen dan mahasiswa STIKSAM dan AFIYO kemudian dipraktekkan oleh warga. Seluruh warga yang hadir dalam ABDIMAS membawa pulang hasil BIMTEK pembuatan produk jamu serbuk dan handsanitizer. Setelah dilakukan ABDIMAS hari kelima merupakan hari terakhir kegiatan Mobility Program. Diakhir kegiatan ini dilaksanakan Farewell Party (Pisah Sambut). Pisah sambut dihadiri oleh CIVITAS Akademik STIKSAM, ORMAWA (Organisasi mahasiswa) seperti BEM, DPM, HMP prodi DIII Farmasi, UKM Padus, Perwakilan mahasiswa prodi DIII Farmasi semester 2 dan 4. Mahasiswa dan Dosen AFIYO. Sambutan sekaligus penutup kegiatan Mobility Program oleh Ketua STIKSAM bapak apt. Supomo, M.Si. Penyampaian pesan dan kesan oleh dosen AFIYO yaitu ibu apt. Agustina Susilowaty, M.Farm. dan mahasiswa saudara Iqbal Khoiruddin Syahida dan saudari Istnaini Novi Wahyuningsih.

Serangkaian kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, dimana target dan realisasi kegiatannya sesuai dengan itinerary.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...