Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 13-14 Februari 2020 di Kampus STIKSAM, panitia kegiatan dari Badan Penjaminan Mutu (BPM). Peserta terdiri dari 6 Orang Dosen yang dilatih menjadi tenaga Auditor. Pemateri sudah mendapat sertifikat Auditor dari Direktorat penjaminan Mutu tahun 2018 dan sertifikat Auditor dari Universitas Brawijaya tahun 2015, yaitu : Bpk Supomo, M.Si, Apt dan Bpk Eka Siswanto Syamsul, M.Sc, Apt.

Untuk menjamin terlaksananya semua siklus penjaminan mutu dengan baik, melakukan pelatihan sumberdaya manusia dalam rangka meningkatkan komitmen dan pemahaman proses penjaminan mutu pendidikan tinggi sehingga mampu melaksanakan standar mutu yang sudah ditetapkan, sehingga akan bermuara pada tercapainya tujuan dari penjaminan mutu di STIKES Samarinda. Susunan acara kegiatan meliputi:

08.30-10.30 Pengantar Budaya Mutu + Pembelajaran orang dewasa Supomo, M,Si, Apt
10.30-11.30 Pengantar Audit PPEPP Eka Siswanto, M.Sc,Apt
11.30-12.00 Etika auditor Supomo, M,Si, Apt
12.00-13.30 ISHOMA Panitia
13.30-14.00 Post test Panitia
14.00-15.30 Teknis Audit PPEPP dan penugasan Eka Siswanto, M.Sc,Apt
15.30-16.00 Penutup Panitia

 

Pencapaian tujuan penjaminan mutu melalui kegiatan penjaminan mutu yang dijalankan secara internal oleh PT, akan dikontrol melalui monitoring dan evaluasi diri serta kegiatan audit mutu internal (AMI). Audit Mutu Internal adalah tahapan penting dari siklus sistem manajemen mutu yang mengevaluasi tahapan siklus sebelumnya serta memberikan gambaran untuk pengambilan langkah-langkah yang tepat bagi tahapan siklus berikutnya sehingga proses “Continuous Quality Improvement” terhadap Sistem Manajemen Mutu yang ada berlangsung dengan lebih baik. Auditor merupakan unsur yang penting dalam proses audit internal di PT. Untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, auditor perlu menguasai pengetahuan dan ketrampilan dalam melakukan audit.

Sikap dasar dari Audit terhadap PT adalah mempunyai sifat profesional, Penyajian yang wajar yaitu wajib memberikan laporan yang benar berdasar fakta, Ketelitian, yaitu kecermatan dalam menggali informasi sehingga menghasilkan kesimpulan audit yang valid. Independen yaitu mempunyai sikap netral dan obyektif saat membuat kesimpulan audit dan ada Bukti yang berupa penjelasan yang rasional dalam menghasilkan kesimpulan yang dapat dipercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...