Kegiatan “2020 The Annual Biomedical Exploration Workshop in Taipe Medical University” berlangsung selama 14 hari terhitung sejak tanggal 02-15 Januari 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 54 peserta yang berasal dari Indonesia dan Vietnam dengan latar belakang mahasiswa PhD, Perawat, Dokter Umum, Dokter Anak, Dokter Gigi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, dan Biologi dari berbagai instansi. Dalam 1 hari ada 3 kegiatan yang diberikan dalam bentuk perkuliahan maupun kunjungan ke Rumah sakit dan Laboratorium terkait, dengan pemateri yang kompeten di bidangnya.
Prof. Yen-Chou Chen direktur IGPM memberikan materi mengenai transformasi sel dan Animal Model; Austin Chang direktur penelitian dan pengembangan TMU memberikan materi tentang pemilihan intrumen yang tepat untuk mendapatkan hasil yang akurat; Associate Prof. Jiun-Lin Horng dari departemen anatomi dan biologi sel TMU, memberi materi tentang Zebrafish models untuk penelitian biomedical; Prof Choa-Kwung Fan dari departemen molekuler parasitology dan penyakit tropis TMU, memberikan materi tentang hubungan antara penelitian penyakit parasite di daerah tropis; Associate Prof. Mei-Chieh Chen dari departemen mikrobiologi dan imunologi TMU, memberi materi tentang pengembangan dan optimalisasi langsung antigen terhadap imunoterapi pada cancer; Prof. Sin-Yu Shen memberikan materi tentang penelitian lanjutan sains biomedical dan praktek pemisahan DNA dan RNA serta culture sel FACS; Associate Prof. Lee, Yuan-Chii memberkan materitentang Transcriptomik dari ekspresi mikroarray gen ke RNA –Seq; Assistant Prof. Le Nguyen Quoc Khanh memberikan materi tentang kecerdasan buatan di penelitian bioinformatik; Dr. Pai-Chien Choudari departemen pengobatan penyakit dada TMU, memberikan materi tentang terapi terbaru untuk pasien penyakit pernafasan kronis; Associate Prof. Jungshan Chang memberikan materi tentang cara skrining obat secara in vivo; Assistant Prof. Yu-Chih Wu memberikan materi tentang aplikasi stem sel pda pengobatan klinik; direktur Chih-Han Lin dari HR TMU, memberikan materi tentang lembar persetujuan dan perlindungan pasien; Prof. Han-Pin Kuo memberikan materi pengobatan thorasik.
Pada acara penutupan tiap-tiap peserta mendapat kan sertifikat yang diberikan secara langsung oleh direktur Rumah Sakit TMU.
Kalimat yang perlu jadi panutan di penutupan itu adalah “TMU bias maju dan berkembang pesat karena antara pemimpin dan staf memiliki tujuan yang sama dan bekerjasama untuk mewujudkan tujuan tersebut”
Sungguh sangat beruntung dapat hadir dan menjadi bagian dari IGPM, saya ucapkan banyak terimakasih untuk kesempatan yang diberikan oleh STIKSAM dan TMU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...