Kamis Tanggal 7 November 2019 Pusat Data dan Dokumentasi Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI mengadakan sosialisasi tentang salah satu sistem Repository terbarunya yang bertempat di Institut Tehnologi Kalimatan Timur ITK Balik Papan dihadiri 71 perguruan tinggi negri dan swasta dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda STIKSAM Mengirimkan 2 Perwakilannya.

Dalam Pemaparannya LIPI menjelaskan bahwa RIN atau Repository Ilmiah Nasional adalah sarana untuk menyimpan, melestarikan, dan menjamin ketersediaan akses terhadap data penelitian. Perbedaan RIN dan Repositori Lainnya adalah dari isi datanya kalau RIN berisikan  Data Penelitian sedangkan Repository lain berisikan Karya Ilmiah – Buku, Jurnal, Prosiding, Makalah, Artikel dll.

Data Penelitian yang dimaksut adalah Kumpulan fakta objektif yang dapat berbentuk teks, gambar, rekaman suara atau video, bilangan atau simbol dan dapat dijadikan sebagai dasar empiris untuk penelitian (Perka LIPI 12 Tahun 2016)

LIPI juga menjelaskan kelebihan dari penyimpanannya sangat luar biasa Kapasitas penyimpanan data hingganya hinga 5 Peta Byte atau 5 juta Giga Byte. Dan aplikasi ini diakses disini : https://data.lipi.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...