Pada hari Kamis, 17 Oktober 2019 KSR PMI STIKSAM bersama PMI Kota Samarinda melakukan kegiatan donor darah di lingkungan Kampus STIKSAM. Kegiatan dimulai dari pukul 13.00-17.00 Wita dengan jumlah pendonor 44 orang yang terdiri dari kalangan Mahasiswa, Dosen dan Staff STIKSAM, serta masyarakat di wilayah Kampus. Donor darah ini merupakan program rutin 3 bulan sekali dari kampus STIKSAM yang bertujuan untuk mendorong lebih banyak orang untuk menyumbangkan darah secara teratur dan sebagai bentuk empati kepada masyarakat yang membutuhkan tranfusi darah.

Setiap orang yang sehat dapat memberikan darah mereka kepada orang lain. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu usia 18-65 tahun dan berat badan setidaknya 50 kilogram. Orang yang mendonorkan darah juga tidak boleh mengonsumsi obat dalam beberapa hari terakhir serta tidak dalam keadaan sakit. Memiliki tidur yang cukup (tidak begadang) tidur minimal 6 jam.

Manfaat donor darah tidak hanya dapat dirasakan oleh orang yang membutuhkan tranfusi darah, namun juga bagi pendonor. Salah satu manfaatnya dapat menurunkan resiko kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol, dan menjadikan pikiran kita lebih stabil. KSR PMI STIKSAM memiliki slogan khusus pada kegiatan ini yakni “Ayo donorkan darah anda, karena satu tetes darah kita bisa saja menyelamatkan 1 nyawa, Donor Darah Bisa”. Pihak Kampus khususnya Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Kampus STIKSAM sangat mendukung Penuh Acara mahasiswa tersebut selama memiliki output dan manfaat yang luar biasa bagi kampus dan masyarakat sekitar. Semoga dengan acara tersebut dapat sebagai sarana promosi dan sosialisasi keberadaan STIKES Samarinda sebagai salah satu perguruan tinggi berkualitas di wilayah Kalimantan Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...