Sebagaimana telah ditetapkan pada tahun 2009 oleh Dewan FIP (The International Pharmaceutical Federation) di Istanbul, Turki, setiap tanggal 25 September dirayakan menjadi Hari Farmasi Sedunia (World Pharmacist Day). FIP mendorong seluruh tenaga Farmasi baik TTK (Tenaga Teknis Kefarmasian), Apoteker, maupun Mahasiswa Farmasi untuk menggunakan hari spesial tersebut untuk mengatur kegiatan yang mempromosikan dan mengadvokasi peran Farmasi dan Apoteker khususnya dalam meningkatkan kesehatan di setiap sudut dunia.

          Stiksam sukses berkaloborasi dengan PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia) dalam berpartisipasi dalam Menyambut WPD (WORLD PHARMACIST DAY dan HKN (Hari Kesehatan Nasional) dengan tema “Gerakan Masyarakat Cerda Menggunakan Obat”. Acara berlangsung di dua tempat yaitu Gor sempaja samarinda dan Gor segiri pada hari Minggu, 29 September 2019. Dalam kegiatan ini diharapkan Dosen, Bidang Kemahasiswaan STIKSAM, Anggota BEM Mahasiswa Farmasi STIKSAM, berserta Anggota PAFI Cab. Samarinda dapat menjadi sumber Informasi kepada masyarakat dalam memperoleh informasi dari segala hal yang berhubungan dengan Obat atau Farmasi. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan peran penting Farmasi dalam menjaga keselamatan pasien melalui peningkatan penggunaan obat-obatan dan mengurangi kesalahan pengobatan di masyarakat. Selain memberikan edukasi acara tersebut juga sebagai pengabdian masyarakat dosen STIKSAM yaitu pembagian 2000 masker peduli asap Kalimantan dan edukasi penggunaan obat yang benar. Peran farmasi merupakan lini terdepan masyarakat dalam penggunaan obat yang benar, pengetahuan luas dan keahlian khusus Farmasilah yang dapat membantu memastikan bahwa masyarakat mendapatkan yang terbaik dari obat-obatan sebelum mereka konsumsi lebih lanjut.

          Menurut Ketua PAFI cab. Samarinda H. Alpian Noor, Amd. Farm., setelah memberikan bantuan Alkes P3K dan obat-obatan kepada Unit Kemahasiswaan Bidang kesehatan yaitu KSR, beliau menyatakan kegiatan ini sangat sukses, bahkan dengan kegiatan ini dapat memperkenalkan Peran Farmasi khusus Anggota PAFI dimata masyarakat pada umumnya, khususnya masyarakat Samarinda yang sedang melakukan aktivitas olahraga di Gor sempaja dan Gor segiri Samarinda. Acara tersebut juga merupakan acara ajang Promosi STIKSAM dalam Terus memperkenalkan diri STIKSAM di masyarakat luas khususnya di Kalimantan Timur, sebagai Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda yang terus berinovasi dan terus berupaya memajukan tingkat kesehatan di masyarakat Indonesia.Sesuai dengan motto STIKSAM berinovatif dan berkemajuan.

 

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...