Dalam rangka Peningkatan Pemanfaatan E-Journal yang telah dilanggan Kemenristekdikti, maka Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual bekerjasama dengan Universitas Mulawarman dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Wilayah Kalimantan Timur mengadakan Lokakarya Peningkatan Manajemen Riset dan Publikasi Ilmiah tahun 2019 yang diadakan pada hari Jumat tanggal 30 Agustus 2019 bertempat di Selyca Mulia Hotel Samarinda.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah beberapa universitas swasta dan negeri yang terletak di Kaimantan Timur. STIKSAM menjadi salah satu undangan, dimana yang menghadiri adalah Ketua LPPM (Reksi Sundu, M.Sc., Apt). Kegiatan ini dibuka oleh Dit. Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Rektor Universitas Mulawarman yang dalam hal ini di wakilkan oleh wakil rektor bidang perencanaan, kerjasama dan hubungan masyarakat dan Ketua FPPTI Wilayah Kaltim.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh 3 pakar dari beberapa universitas yang berbeda. Diantaranya adalah Pak Amirul Ulum, M.IP (Univeristas Surabaya) yang memaparkan materi tentang Kebijakan dan Manajemen Riset, Ibu Yulianti,S.Sos, M. Ikom (Universitas Padjajaran) memaparkan mengenai manajemen referensi ilmiah dan Pak Chandra Pratama Setiawan, S.IIP., M.Sc (Universitas Kristen Petra) memberikan materi  tentang pemanfaatn perangkat penunjang peublikasi ilmiah. Output dari kegiatan ini diharapkan pengelola E-Journal mampu meningkatkan manajemen riset dan publikasi ilmiah di universitas masing-masing.