Kegiatan TOT yang digelar pada rabu, 117 Juni 2019 dihadiri 47 peserta yang berasal dari 35 PTS provinsi Kaltim dan Kaltara di bawah naungan layanan LLDIKTI wilayah XI Kalimantan. Kegiatan yang berlangsung ini dibuka langsung oleh Kepala LLDIKTI wilayah XI Prof. Udiansyah.

Acara selanjutnya diberikan oleh Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Giri Supradiono. Ia menjelaskan dalam penanganan tindakan korupsi setidaknya terdiri atas penindakan, pencegahan dan Pendidikan. Pendidikan ditujukan untuk takut melakukan korupsi,  pencegahan ditujukan untuk tidak bias melakukan korupsi dan pendidikan ditujukan untuk tidak ingin melakukan korupsi.

TOT ini menghadirkan pemateri dari Naas umber KPK Nanang T. Puspito yang juga merupakan salah seorang Guru Besar di ITB. Ia memaparkan bagaimana penerapan pendidikan  antikorupsi  pada mata kuliah mandiri, serta menyusun rencana aksi pada masing-masing PTS. Alhamdulillah STIKSAM telah mengimplementasi Pendidikan antikorupsi dalam mata kuliah Mandiri sejak tahun 2016.

Turut serta Bagian umum LLDIKTI Wilayah XI selaku panitia Bapak Drs. Jamaludin dan Kepala Sub Bagian Akademik bapak Surya Apriadi.