Samarinda pada hari Rabu – Kamis, 15 – 16 Mei 2019, 2 Dosen  dan 1 Tenaga IT STIKSAM telah mengikuti “Workshop Teknik Penulisan Artikel Ilmiah dan Tata Kelola Jurnal Sesuai Standart Akreditasi dan Bereputasi”.  Adapun yang mengikuti adalah Heri Wijaya, M.Si., Apt (Ketua LPPM), Reksi  Sundu, M.Sc., Apt (Sekretarsi LPPM) dan Irwansyah, S. Kom (Tenaga IT). Kegiatan ini dibuka untuk umum, terkhusus untuk para pengelola jurnal dan peneliti, akademisi baik dosen maupun mahasiswa.

Kegiatan workshop ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama (Rabu, 15 Mei 2019) dimulai pada jam 09.00 – 13.30 wita dengan melibatkan peserta lebih dari 20 peserta. Sesi ini membahas tentang tata kelola jurnal sesuai standart akreditasi dan bereputasi. Pemaparan materi I yang disampaikan oleh Bapak Arbain, M.Pd (Ketua Komsat RJI Kaltim; WGM) tentang :

  1. Pengenalan, pengaturan DOI dan Crossref
  2. Pengenalan dan Pemanfaatan Aplikasi Pendukung lainnya (Mendeley, Plagiaris Check, dll)
  3. Best Practice & Active Discussion

Materi 2 dilanjutkan pada jam 13.00-16.00 wita, yang disampaikan oleh Bapak Dedi Rahman  Nur (Kom sat RJI Kaltim; WGM). Adapun materi yang disampaikan antara lain:

  1. Pengenalan dan Praktek Pengelolaan Website (OJS 2 dan 3)
  2. Strategi dan Persiapan Indeksasi DOAJ, dll
  3. Best Practice & Active Discussion.

Kegiatan workshop dilanjutkan pada tgl 16 Mei 2019 membahas tentang teknik penulisan artikel ilmiah sesuai standart akreditasi dan bereputasi. Adapun tujuan workshop ini ditujukan sebagai suatu kegiatan pelatihan menulis artikel jurnal hingga lahirlah artikel ilmiah yang siap untuk dipublikasikan. Materi pertama dimulai pukul 09.10 Wita yang disampaikan oleh narasumber Dr. Harlinda Kuspradini (Fahutan, UNMUL) tentang ;

  1. Etika publikasi dan hak cipta
  2. Manajemen Referensi dan Pengecekan Plagiasi
  3. Pengenalan JurnalTerindeks Global dan Kiat-Kiat untuk Memilih yang Tepat
  4. Active Discussion

Pemateri kedua adalah Dr. Irawan Wijaya Kusuma (Fahutan, UNMUL) yang memaparkan tentang:

  1. Teknik Penulisan KTI yang Baik dan Benar
  2. Strategi Menembus Jurnal Terakreditasi dan Bereputasi (Nasional dan Internasional)
  3. Active Discussion

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...