1Akademi Farmasi Samarinda merupakan perguruan tinggi yang telah didirikan sejak tahun 2001 oleh Yayasan KAGAMA (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada). Program Diploma ini, didirikan bertujuan untuk mengahasilkan teaga kerja yang kedepannya dapat mengabdi kepada masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

Organisasi KSR yang berdiri pada Bulan Oktober tahun 2016 diawali dengan perekrutan anggota PMR dari setiap angkatan di kampus Akademi Farmasi Samarinda. Anggota KSR PMI ini sebanyak 30 anggota yang terdiri dari 22 wanita dan 8 pria.

Awalnya UKM ini hanya sebuah organisasi yang ada di kampus Akademi Farmasi2 Samarinda, yang tidak ada sangkut pautnya dengan PMI yang ada di kota maupun di Kecamatan Samarinda ulu. Hingga pada akhirnya UKM ini diberi kepercayaan dengan dilantik yang secara resmi menjadi bagian dari KSR PMI Kecamatan Samarinda ulu. Saat KSR ini masih bernama PMR kami telah membuat acara mandiri yaitu sebuah penyuluhan mengenai cara mencuci tangan yang baik dan pentingnya menggosok gigi, dengan sasaran utama kami adalah anak-anak yang berusia 6-12 tahun.

Setelah acara tersebut barulah kami melangkah sedikit demi sedikit dalam membangun PMR untuk menjadi organisasi yang lebih maju lagi yaitu mengubahnya menjadi KSR PMI.

3
Pada akhir tahun 2016 kami melakukan orientasi dengan anggota PMI yang kini menjadi pembina kami yaitu kak Anto Dharsono, S.H., M.Si. dan kak Hermasnyah selaku pelatih. Orientasi dilaksanakan di Akademi Farmasi Samarinda yang berdurasi 9 jam yang didalamnya membahas pengenalan materi-materi awal untuk menjadi Korps Sukarelawan yang sesungguhnya.

Anto Dharsono, S.H., M.Si perwakilan dari PMI kota memberi kami syarat untuk tes urin terlebih dahulu sebelum melakukan pelantikan dengan menggait BNN untuk membuktikan bahwa kami selaku perwakilan dari Mahasiswa Akademi Farmasi Samarinda yang 100% bebas Narkoba dan zat adiktif lainnya.

Pada tanggal 23 Januari 2016 Anggota KSR yang berjumlah 30 orang ini melakukan tes urin yang dari tes tersebut 100% anggota KSR PMI UKM AKFARSAM ini 4bukanlah seorang pengguna narkoba atau zat-zat terlarang lainnya.

Hingga akhirnya pada Jum’at 3 Maret 2017 KSR PMI UKM AKFARSAM resmi dilantik oleh Bapak Wasiul Ilmi selaku Kepala PMI Kecamatan Samarinda Ulu yang disaksikan oleh Direktur Akademi Farmasi Samarinda dan beberapa dosen, serta perwakilan dari BNN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Captcha loading...