Tahun 2016 ini Akademi Farmasi Samarinda mendapatkan hibah pusat karir dari Kemenristekdikti bersama 200 perguruan tinggi lainnya di Indonesia, Untuk melaksanakan hal tersebut maka kampus Akfarsam mengirimkan satu dosennya yaitu: Bpk Eka Siswanto, M.Sc,Apt untuk mengikuti kegitan tersebut, yang berlangsung pada tanggal 30 mei – 2 juni 2016 di gedung CDC Universitas Indonesia, Depok Jawa Barat. Pendidikan tinggi di Indonesia saat ini merupakan ujung tombak dalam pencapaian tujuan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan tinggi memiliki fungsi meningkatkan secara kuantitas dan kualitas masyarakat kritis yang akan menjadi fundasi kukuh sumberdaya manusia dalam upaya besar membangun bangsa. Kegiatan pusat Karir UI antara lain:

  1. Pelatihan softskills untuk perencanaan Karir mahasiswa (semester 3-6, kelompok perlakuan mahasiswa terpilih dari tiap fakultas, dan kelompok nono perlakuan dibandingkan hasilnya)
  2. Soft-skill awarness for Undergraduates (seminar umum/ kuliah umum ttg soft skill dari psikolog/ pakar setahun 3 kali), untuk mahasiswa (bebas semesternya)
  3. Alumni Career Seminar (mau wisuda), setahun 2x dari para Alumni yang sudah sukses.
  4. Soft-skills Awarness for Jobseeker (Alumnidan mahasiswa lebih intens), lihat brosur.
  5. Magang/ Internship (kalau prodi PKL dsb, kalau dari CDC magang pada perusahaan sesuai kebutuhan perusahaan utk perluasan jaringan, sistem dan pengelolaan perusahaan).
  6. CDC-UI Member (Jobstreet.com), kerjasama perusahaan pencari kerja, sehingga bisa buka lowongan di web CDC utk alumni UI, bisa juga dikirimkan via email
  7. UI Career & Scholarship Expo (2x setahun), persentase terserap kerja 20% di bursa kerja ini.

Di UI membuat paket fasilitas rekrutmen untuk perusahaan (berbayar) (paket 1 bulan 500 ribu, 1 tahun 4 juta), paket pengadaan tes tulis, paket tes kesehatan, paket pengadaan Ruang tes, Paket Pengadaan Materi Publikasi, Paket pengadaan konsumsi. Perusahaan diberikan account tujuannya untuk dapat melihat dan mengambil CV online di web CDC-UI, mengisi dan menayangkan iklan lowongan kerja melalui Jobstreet.com Semoga Akfarsam bisa mengembangkan Pusat Karir dan Kewirausahaan di kampus tercinta. (eksis)